spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBisnisGaungkan Produk Halal, Produk UMKM NTB Dilirik Pasar Internasional

Gaungkan Produk Halal, Produk UMKM NTB Dilirik Pasar Internasional

Mataram (ekbisntb.com) – Berbagai jenis produk olahan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah di Provinsi Nusa Tenggara Barat, menjadi daya tarik pasar internasional. Label produk halal digaungkan untuk menambah daya tarik pengusaha luar negeri.

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB, Baiq Nelly Yuniarti AP., M.Si, mengatakan, misi dagang telah dibangun untuk memperluas pangsa pasar ke Malaysia dan Brunei Darussalam. Negeri Jiran Malaysia disasar karena banyak warga Lombok yang bermukim di Johor.

“Di Malaysia kami optimis akan dapat pasar yang bagus, mengingat di Johor banyak orang Lombok yang tinggal disana,” katanya pada Selasa, 2 Juli 2024.

Dibukanya jalur penerbangan Johor-Lombok, juga berpengaruh terhadap kemudahan akses untuk memasarkan produk UMKM dari Lombok ke Negeri Jiran tersebut.

Nelly menegaskan, selain negara Malaysia, juga menjadi target pemasaran produk UMKM dari Lombok dan Pulau Sumbawa adalah Brunei Darussalam. Menurut mantan Kadis Kominfo ini, pasar Brunei cukup tertarik dengan produk NTB karena fokus menggaungkan produk halal.

Kedutaan Besar Republik Indonesia Brunei Darusalam sempat mengirim undangan kepada Pemprov NTB, menanyakan terkait produk halal yang ada di daerah Gumi Gora ini. “Begitu mendengar kata halal, mereka lebih nyaman. Kemudian mereka bertanya-tanya bagaimana akses pariwisata menuju ke NTB. Nah, ini yang menjadi nilai lebih kita,” ungkapnya.

Adapun dalam misi mengembangkan pasar dagang yang dilaksanakan pada Jum’at, 26 Juni dan Sabtu, 27 Juni 2024 pekan kemarin, Disdag membawa banyak sampel produk UMKM. Seperti sambal dan minuman herbal. Sedangkan komoditi dicari adalah jahe dan kemiri.

Dari pertemuan dengan dua negara tersebut, nantinya pengusaha asal Malaysia dan Brunei Darusalam akan bertemu langsung dengan pelaku UMKM dan importir untuk menindaklanjuti kerjasama yang telah disepakati tersebut. (era)

Artikel Yang Relevan

Iklan



Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut