spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBerandaHewan Kurban Ditemukan Terjangkit PMK

Hewan Kurban Ditemukan Terjangkit PMK

Mataram (ekbisntb.com) – Dinas Pertanian Kota Mataram bersama Dinas Kesehatan Hewan Provinsi NTB, mendata sekaligus mengecek kesehatan hewan kurban pada, Selasa 11 Juni 2024. Petugas menemukan satu hewan kurban terjangkit penyakit mulut dan kaki.

Kepala Bidang Peternakan pada Dinas Pertanian Kota Mataram, Hj. Baiq Rihul Jannah menjelaskan, pengecekan kesehatan hewan kurban ini, untuk memastikan tidak ada hewan kurban yang dijual tidak layak alias dalam kondisi sakit Mataram. Dari hasil pengecekan petugas menemukan satu ekor sapi di Kelurahan Turida, Kecamatan Sandubaya, terjangkit penyakit mulut dan kuku. ” Di Turida ditemukan satu sapi PMK, ini sapi kandang,” terangnya.

Sapi terjangkit PMK berada di kandang penampungan. Sementara, hewan kurban di pengepul dijamin sehat dan layak kurban. Rihul memastikan meskipun terjangkit PMK masih layak untuk dikurban. Proses pengobatan membutuhkan waktu singkat. “Hanya butuh satu atau dua hari untuk pengobatannya,” terangnya.

Pihaknya berupaya menghindari penyebaran penyakit PMK pada hewan ternak terutama penampungan sapi di Turida. Sapi yang terkena PMK di isolasi sampai dengan dinyatakan sembuh total.

Dikatakan, hewan kurban yang dinilai sehat akan diberikan surat keterangan kesehatan hewan oleh Pemkot Mataram.

Selain pengecekan kesehatan, menurut dr Hewan M Irpan S, akan diawasi dan dilakukan pula pengecekan kelayakan hewan untuk di kurban, yang mana hewan kurban harus memenuhi standar usia dan sehat.

“Standar sah untuk hewan kurban itu cukup umur dan sehat,” pungkasnya pada rapat Idul Adha di LEM. (era)

Artikel Yang Relevan

Iklan



Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini