spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBerandaDukung Relokasi PKL Tembolak

Dukung Relokasi PKL Tembolak

SEKRETARIS Komisi II DPRD Kota Mataram, Rino Rinaldi, SH., mendukung langkah Pemkot Mataram melalui Dinas Perdagangan yang akan merelokasi PKL yang selama ini berjualan di gerbang Tembolak. ‘’PKL kan harus ikut aturan juga. Jangan dibiarkan ndak teratur, kan tidak bagus juga,’’ katanya kepada Ekbis NTB melalui sambungan telepon, Senin 10 Juni 2024.

Di satu sisi para PKL membutuhkan tempat berjualan, tetapi di sisi lain Gerbang Tembolak merupakan pintu masuk Kota Mataram. ‘’Gerbang Tembolak itu wajah Kota Mataram, jadi harus tetap kelihatan cantik dan bagus. Jadi langkah Pemkot Mataram itu saya rasa sudah tepat,’’ ujarnya.

Politisi Partai Golkar ini menegaskan, bahwa relokasi yang akan dilakukan Pemkot Mataram, bukan karena para PKL yang berjualan di sana, sebagian besar bukan berasal dari Kota Mataram. ‘’Jadi siapapun harus mengikuti aturan dan mereka harus mengerti,’’ imbuhnya.

Toh, lanjut Rino, Pemkot Mataram sudah menyediakan lahan khusus untuk mereka berjualan. Sebab, jika para PKL terus dibiarkan berjualan di Gerbang Tembolak, dikhatirkan pintu masuk Kota Mataram tersebut, akan semakin semrawut.

Intinya, lanjut anggota dewan dari daerah pemilihan Selaparang ini, harus ada keteraturan untuk tujuan yang lebih besar. Setelah direlokasi, bukan tidak mungkin Pemkot akan menarik retribusi dari para PKL. ‘’Karena kan setiap usaha itu kan ada risikonya,’’ cetusnya. Namun demikian, Rino menekankan agar besaran retribusi yang dikenakan kepada para PKL nantinya tidak memberatkan.

‘’Karena kan Negara tidak berbisnis. Ini hanya bagaimana mengelola agar semua menjadi nyaman. Masyarakat tenang dan aman berusaha. Disanalah pemerintah hadir,’’ demikian Rino. Tinggal sekarang bagaimana Pemkot Mataram melakukan sosialisasi dan pendekatan kepada para PKL. Yang jelas, kata Rino, tidak boleh ada penolakan untuk relokasi.

Karena, kalau semua PKL dibiarkan berjualan di sana, dikhawatirkan akan membuat wajah pintu masuk Kota Mataram tersebut, akan menjadi semrawut. (fit)

Artikel Yang Relevan

Iklan



Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini