spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBerandaPemkot Mataram Siapkan 257 Lokasi Pemotongan Hewan Kurban

Pemkot Mataram Siapkan 257 Lokasi Pemotongan Hewan Kurban

Mataram (ekbisntb.com) -Pemkot Mataram menyiapkan 257 lokasi pemotongan hewan kurban yang tersebar di enam kecamatan dan 42 kelurahan di Kota Mataram. Hal ini disampaikan Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian kota Mataram, Ir. Hj. Baiq Rihul Jannah ditemui di ruang kerjanya pada, Senin 10 Juni 2024.

Dari 257 lokasi diantaranya, 54 berada di Kecamatan Ampenan, 61 lokasi berada di Kecamatan Selaparang. Di Kecamatan Sekarbela terdapat 26 lokasi. Kecamatan Sandubaya 35 lokasi. Kecamatan Mataram terdapat 47 lokasi dan Kecamatan Cakranegara 32 lokasi.

Sebelum penyembelihan hewan kurban kata dia, pihaknya bersama Dinas Kesehatan Hewan Provinsi NTB, Balai Karantina, dan dokter hewan akan turun ke pengepul atau pedagang hewan kurban untuk melakukan pendataan sebelum dijual. Pada H-3 lebaran Idul Adha juga dilakukan pengecekan kesehatan hewan kurban. “Apakah layak dikurban atau tidak,” ujarnya.

Pengecekan kesehatan hewan ini mulai dari pengecekan mata, bentuk tubuh, hidung, mulut, kuku, dan organ luar hewan yang bisa dilihat secara kasat mata. Jika dinyatakan sehat atau layak dikurban akan diberikan surat keterangan kesehatan hewan.

Ditegaskan, pengecekan kesehatan hewan kurban, juga dilakukan pasca penyembelihan. Bagian organ dari sapi atau kambing seperti hati, paru, usus dan organ lainnya akan dicek. Tujuannya mengantisipasi adanya cacing pita pada organ hewan kurban tersebut. “Pada saat penyembelihan kita turun ke lokasi pemotongan untuk memeriksa, supaya kalau ada ditemukan penyakit dalam pada hewan kurban supaya tidak bagikan,” ujannya.

Rihul Jannah menyebutkan, sebagian besar hewan kurban berasal dari Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Lombok Barat, dan Kabupaten Lombok Timur.
Adapun hewan yang akan di kurban di kota Mataram pada 10 Dzulhijjah yang bertepatan pada Senin, 17 Juni 2024 nanti merupakan hewan lokal dari Mataram, Lombok Tengah, Lombok Utara, Lombok Barat, dan Lombok Timur. (era)

Artikel Yang Relevan

Iklan



Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini