spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaEkonomiBRIN Dorong Pengembangan Ekonomi Masyarakat Pesisir Melalui Budidaya Rumput Laut

BRIN Dorong Pengembangan Ekonomi Masyarakat Pesisir Melalui Budidaya Rumput Laut

Lombok (ekbisntb.com) – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mendorong pengembangan ekonomi masyarakat pesisir di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) melalui budidaya rumput laut. Inisiatif ini disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Kemitraan Riset dan Inovasi BRIN, Muhammad Amin, saat berkunjung ke Lombok Timur dan bertemu dengan Penjabat (Pj) Bupati Lombok Timur, H. M. Juaini Taofik, pada Kamis 19 September 2024.

Dalam pertemuan tersebut, Amin menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah daerah dan BRIN untuk memanfaatkan hasil penelitian dan inovasi guna mendukung potensi besar rumput laut di wilayah pesisir Lombok Timur. BRIN, lanjut Amin, sedang mencanangkan program yang fokus pada pengembangan masyarakat pesisir, khususnya melalui budidaya rumput laut, dengan pendekatan riset yang terintegrasi. Program ini diharapkan dapat membantu masyarakat meningkatkan nilai tambah produk rumput laut mereka melalui inovasi.

- Iklan -

“Potensi rumput laut di Lombok Timur sangat besar. Kami berharap ada kolaborasi yang baik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam meningkatkan nilai tambah produk ini, baik melalui teknologi maupun pendekatan lainnya,” ungkapnya.

Selain Lombok Timur, program pengembangan ini juga mencakup wilayah Lombok Barat, dengan BRIN berperan dalam memastikan pendampingan melalui penelitian dan inovasi, sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2021. BRIN mempunyai tugas menyelenggarakan pemerintahan dalam bidang penelitian, pengembangan, pengkajian, penerapan, serta investasi dan inovasi.

Pj. Bupati Lombok Timur, HM Juaini Taofik, menyambut baik program BRIN ini dan menyatakan dukungan penuh pemerintah daerah. Ia berharap strategi kolaborasi ini dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat pesisir dan meningkatkan kesejahteraan mereka melalui pembangunan.

“Kami sangat mengapresiasi BRIN atas inisiatif ini. Kami berharap sinergi antara riset dan inovasi ini bisa membawa manfaat besar bagi masyarakat pesisir,” ucapnya.

Dengan adanya kolaborasi ini, diharapkan budidaya rumput laut di Lombok Timur dapat berkembang lebih pesat, sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi lokal berbasis sumber daya lokal. (rus)

Artikel Yang Relevan

Iklan








Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut