spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBerandaHidupkan Karakter Budaya di Lotim Lewat Sekolah Penggerak

Hidupkan Karakter Budaya di Lotim Lewat Sekolah Penggerak

Selong (Ekbis NTB) – Penjabat (Pj) Bupati Lombok Timur (Lotim), H.M. Juaini Taofik mengapresiasi dan mendukung kegiatan gebyar sekolah penggerak yang digelar di halaman Kantor Bupati, Kamis 16 Mei 2024.

Keberadaan sekolah penggerak didukung Pemkab Lotim, karena dinilai telah mampu menghidupkan karakter budaya pendidikan.

Kepada media usai membuka acara, Pj. Bupati mengatakan tujuan dihadirkannya sekolah penggerak agar siswa siswi di tingkat satuan pendidikan ini selain memiliki kompetensi dan numerasi yang bagus, tapi juga harus berkarakter. “Kita sebagai orang Sasak, karakter Sasaknya yang kita tunjukkan,” ungkap Pj Bupati.

Sosio-kultural dari masyarakat Sasak yang bagus ini yang dimunculkan. Sekolah penggerak baru bisa bagus manakala bersinergi dengan guru penggerak. Menurutnya, sekolah penggerak memberikan dampak positif, karena hasil dari kerja para guru penggerak yang mampu memberikan inovasi, memanfaatkan teknologi informasi kepada siswanya.

Selain itu, unsur pendukung lainnya adalah organisasi penggerak, yakni pada komite sekolah, kepala desa setempat serta unsur penyelenggara pemerintah lainnya. “Keberhasilan sekolah penggerak ini karena bersinerginya tiga unsur, sekolah penggeraknya, guru penggeraknya dan organisasi penggerak,” paparnya.

Saat ini di Lotim sudah terdapat 43 sekolah Penggerak tingkat SD dan SMP sederajat. Para guru di sekolah penggerak dini ditingkatkan kompetensinya. Usulan sekolah penggerak sudah berakhir. Karenanya, diingatkan kepada yang sudah memiliki kompetensi bidang sekolah penggerak diharapkan menularkan pengetahuannya ke sekolah lainnya. (rus)

Artikel Yang Relevan

Iklan





Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini