spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBisnisJelang MotoGP, Pemesanan Hotel Banyak dari Kalangan BUMN 

Jelang MotoGP, Pemesanan Hotel Banyak dari Kalangan BUMN 

Lombok (ekbisntb.com) – Wilayah Kota Mataram yang masuk dalam zona II dalam Pegub Nomor 9 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Usaha Jasa Akomodasi masih terus mendapat pemesanan pada saat MotoGP tanggal 27-29 September 2024. Bahkan sejumlah kamar hotel sudah sold out atau sudah penuh.

Ketua Indonesia Hotel General Manager Association (IGHMA) NTB Lalu Kusnawan mengatakan, reservasi hotel di Kota Mataram terutama yang masuk dalam anggota IGHMA sudah di atas 70 persen. Sebagian pemesan adalah dari kalangan BUMN yang memiliki kaitan dengan kegiatan MotoGP Mandalika.

- Iklan -

“Sudah terbooking lebih banyak dari kalangan BUMN, ini ada kaitannya dengan MotoGP,” kata Lalu Kusnawan kepada Ekbis NTB Kamis 12 September 2024 kemarin.

Sementara itu hotel-hotel di wilayah Senggigi Lombok Barat dan sekitarnya masih terus menerima reservasi. Angka sementara, ketersediaan kamar antara 50 – 60 persen. Meski demikian, reservasi hotel di Senggigi tak murni karena adanya event MotoGP lantaran di bulan September ini sebenarnya sedang memasuki masa high seasons.

Sehingga jika dikaitkan dengan adanya kenaikan harga di sebagian hotel di bulan September ini, maka harus dilakukan kajian lagi. Karena permintaan kamar yang tinggi biasanya diikuti dengan harga yang sedikit adanya kenaikan.

“Bulan September ini masuk dalam high seasons, sehingga harga terendah tidak sama dengan penyelenggaraan MotoGP tahun-tahun sebelumnya yang waktu penyelenggaraannya berbeda,” katanya.

Adapun hotel-hotel di kawasan Tiga Gili (Trawangan, Meno dan Air) kata Kusnawan untuk bulan Agustus dan September ini masih dalam masa high seasons, terutama wisatawan mancanegara yang datang melalui pintu Bali.

“Kalau di Gili kita memang full, karena masih high seasons. Kita harus skip Gili ini,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB Jamaluddin mengatakan di momentum MotoGP Mandalika ini akan digelar kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pemasaran Nusantara di Lombok tanggal 30 September di Kota Mataram. Rakernas dengan peserta sekitar 8000 orang yang terdiri dari pejabat dan pegawai Dinas Pariwisata Provinsi dan Kabupaten/Kota se Indonesia akan memnuhi kamar-kamar hotel di daerah ini, sehingga okupansi hotel juga akan meningkat.

Sebelum mereka mengikuti Rakernas, terlebih dahulu seluruh peserta ini akan menyaksikan final MotoGP di Sirkuit Mandalika. “Mereka akan membawa travel agent dan melaksanakan sales mission atau akan menggelar kegiatan promosi masing-masing daerah, supaya tahun depan di 2025 maka teman-teman travel agent ini bisa menyampaikan ke mitra-mitanya yang lain” ujarnya.(ris)

Artikel Yang Relevan

Iklan








Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut