spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBerandaPupuk Indonesia Kolaborasikan UMKM Wastra Binaan dengan Dua Desainer Terkemuka

Pupuk Indonesia Kolaborasikan UMKM Wastra Binaan dengan Dua Desainer Terkemuka

Mataram (ekbisntb.com)-Menyongsong pelaksanaan Jakarta Fashion Week (JFW) 2025, PT Pupuk Indonesia (Persero) mempersiapkan UMKM binaan anak perusahan produsen pupuk melalui program pendampingan desainer terkemuka, Temma Prasetio dan Maya Ratih.

Direktur SDM dan Umum Pupuk Indonesia, Tina T. Kemala Intan dalam keterangan resmi, Senin 3 Juni 2024 kemarin menyampaikan bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak warisan wastra atau kain tradisional yang sarat akan makna budaya Nusantara, seperti songket, batik, dan tenun. Pupuk Indonesia pun melihat produk-produk UMKM wastra di Indonesia berpotensi untuk tampil di JFW 2025.

“Jakarta Fashion Week merupakan salah satu event busana terbesar di Indonesia dan berskala internasional. Program pendampingan bersama desainer untuk UMKM Wastra ini menjadi komitmen perusahaan untuk mendorong mereka naik kelas dan mampu bersaing di pasar dunia,” ujar Tina.

Dalam mempersiapkan menuju JFW 2025, Pupuk Indonesia memfasilitasi UMKM wastra binaan anak perusahaan berkolaborasi dengan desainer terkemuka. Termasuk di Palembang yang akan berkolaborasi dengan para perajin songket binaan. Karya hasil kolaborasi keduanya akan dipamerkan dalam JFW 2025.

“Para pengrajin Wastra tentu membutuhkan mitra yang mampu menjadi inspirasi dan pendamping. Nah di Palembang, kami mendampingi langsung UMKM binaan Pusri. Kami berharap program ini mampu memotivasi para pelaku UMKM untuk terus berinovasi,” ujar Tina.

Adapun anak perusahaan Pupuk Indonesia yang memiliki binaan UMKM wastra dan akan mendapatkan pendampingan antara lain Pusri Palembang, Petrokimia Gresik, Pupuk Kalimantan Timur, Pupuk Kujang, dan Pupuk Iskandar Muda. Pendampingan bersama desainer ini akan bergiliran ke masing-masing daerah binaan anak perusahaan tersebut.

Tina menambahkan, Pupuk Indonesia Grup secara bertahap melakukan pembinaan untuk meningkatkan kapasitas mitra binaan perajin wastra, mulai dari penyaluran dana bantuan, edukasi terkait manajemen keuangan, promosi hingga bagaimana memperluas pasar dan menghadapi pembelian potensial. Harapannya kemampuan usaha meningkatkan, dan akhirnya tangguh serta mandiri.

Melalui program pembinaan yang diinisiasi oleh Pupuk Indonesia, UMKM wastra mendapatkan banyak manfaat. Selain naik kelas, regenerasi juga menjadi salah satu tujuan agar generasi muda turut merawat industri wastra nasional sehingga dapat bersaing di pasar global. (bul)

Artikel Yang Relevan

Iklan





Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini