spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBerandaBudidaya Rumput Laut di Sumbawa Belum Optimal

Budidaya Rumput Laut di Sumbawa Belum Optimal

Sumbawa Besar (ekbisntb.com) – Dinas Perikanan (Diskan)  Sumbawa, menyebutkan potensi lahan untuk pengembangan budidaya rumput laut baru mencapai 35 persen dari total luas lahan potensial yang dimiliki mencapai sekitar 5000 hektar.

“Masih cukup besar lahan potensial yang kita miliki, yang sudah termanfaatkan paling di angka 35 sampai 40 persen saja,” kata Kadislutkan Sumbawa, Rahmat Hidayat, kepada Suara NTB, Minggu 2 Juni 2024.

Dikatakannya, banyak lahan potensial belum dimanfaatkan karena pola pengembangan rumput laut dilakukan secara tradisional. Salah satunya hanya mengandalkan pola patok dasar saja belum dilakukan secara long line.

“Pola budidaya kita masih tradisional, sehingga masih banyak lahan potensial kita yang belum termanfaatkan oleh pelaku budidaya,” ucapnya.Dia pun menyebutkan, salah satu lokasi yang menjadi unggulan budidaya rumput laut berada di Desa Batu Bangka. Bahkan hasil pantauan yang dilakukan secara langsung, masyarakat sudah ada yang menikmati hasil dari proses budidaya tersebut.

“Alhamdulillah hasilnya sangat bagus, sehingga banyak masyarakat yang beralih profesi menjadi pembudidaya rumput laut,” ujarnya.

Rahmat melanjutkan, apalagi harga yang berlaku di pasaran saat ini sangat bagus dan sangat menjanjikan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Bahkan harga bibit saat ini hanya Rp3.500 per kilogramnya dengan nilai jual yang sangat tinggi.

“Kalau harga rumput laut kering saat ini berlaku di angka Rp14 ribu per kilogram. Harga itu sangat bagus, makanya kita akan terus mendorong supaya masyarakat lebih melirik budidaya rumput laut ini,” tambahnya.

Ia menambahkan, “Kita siap dukung petani ini untuk memaksimalkan lahan potensi yang ada tinggal petani mau atau tidak mengelola lahan potensial tersebut dengan maksimal,” tukasnya. (ils)

Artikel Yang Relevan

Iklan





Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini