spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBerandaMahasiswa Unram Latih Pelaku UMKM di Nipah Inovasi Dimsum Baronang

Mahasiswa Unram Latih Pelaku UMKM di Nipah Inovasi Dimsum Baronang

Lombok (ekbisntb.com) – Mahasiswa Universitas Mataram (Unram) yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Masyarakat Desa (KKN PMD) di Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, NTB memberikan pelatihan inovasi produk baru kuliner Dimsum Baronang kepada para Pelaku UMKM di Pantai Nipah, Selasa, 23 Juli 2024 lalu.

Mahasiswa KKN Unram Kelompok 2 di bawah bimbingan DR. Muazar Habibi. S.Psi., M.Psych. M.Pd., ini menginisiasi pelatihan melibatkan 12 orang ini untuk menginspirasi dan sebagai bentuk dukungan bagi pelaku UMKM di kawasan wisata itu untuk berinovasi dalam mengembangkan variasi menu kuliner yang disajikan bagi pengunjung di destinasi wisata pantai tersebut.

- Iklan -

Mahasiswa KKN Unram melaksanakan kegiatan ini bertujuan sebagai katalisator untuk membangkitkan inovasi pemilik-pemilik UMKM di Pantai Nipah untuk mengembangkan menu-menu yang disajikan di warung miliknya. “Kami memilih UMKM Nipah karena salah satunya di Nipah ada tempat konservasi Penyu yang dikelola oleh Turtle Conservation Community yang tentunya menjadi daya tarik pariwisata,”kata Ketua Kelompok KKN, Restu Ramadhan.

Selain pelatihan Dimsum Baronang, kegiatan ini dirangkai dengan Talk Show bersama Direktur BUMDES Desa Malaka, H. Sopian Hadi, SH. Talk Show ini sekaligus mengsosialisasikan terkait usaha simpan pinjam yang dijalankan BUMDES sebagai salah satu tempat pinjaman modal bagi UMKM-UMKM di pantai Nipah. Pemateri dalam kegiatan ini langsung oleh tim KKN PMD Unram Desa Malaka beranggotakan 9 orang. Kesembilan mahasiswa KKN ini berasal dari Fakultas Ekonomi, Teknik, FHISIP dan Pertanian. Dimana Meyla Fazia sebagai Pemateri Utama.

Restu Ramadhan menyampaikan bahwa program kerja yang dilaksanakan ini sangat bermanfaat bagi keberlanjutan UMKM yang ada di Pantai Nipah, “wisatawan yang datang bisa mencicipi dimsum baronang sembari menunggu ikan bakar yang sedang panggang, tentunya ini akan mendapatkan keuntungan lebih bagi pemilik lapak di pesisir pantai nipah,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Malaka H. Akmaludin Ichwan, S.A.P.,MM., menyampaikan bahwa KKN PMD Unram Desa Malaka 2 merupakan kelompok KKN terinspiratif karena mampu membuat inovasi produk yang anti mainstream dan memanfaatkan hasil laut yang berasal dari pesisir Desa Malaka. “Program ini sangat kami sambut baik bersama para pelaku UMKM di Pantai Nipah,” kata Kades Malaka.

Hal senada juga disampaikan salah satu pemilik lapak Fikri. Bahwa kuliner Dimsum Baronang hasil inovasi dari KKN Unram ini sangat enak dan memiliki citarasa yang unik serta memiliki daya jual yang tinggi kepada wisatawan. “Kami semua pemilik UMKM di Pantai Nipah mengucapkan terima kasih kepada KKN PMD Unram Desa Malaka 2 karena telah memberikan inovasi dan inspirasi kepada pemilik lapak di pantai Nipah,” ucapnya.

Mahasiswa Unram ini sendiri telah melaksanakan kegiatan KKN sejak tanggal 2 Juli lalu yang direncanakan hingga tanggal 22 Agustus. Mereka pun telah melaksanakan kegiatan KKN memasuki hari ke 19. (her)

Artikel Yang Relevan

Iklan







Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut