spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBerandaPembelian Hewan Kurban di Mataram Belum Signifikan

Pembelian Hewan Kurban di Mataram Belum Signifikan

Mataram (ekbisntb.com) – Dua pekan menjelang Hari Raya Idul Adha tahun 2024, harga hewan kurban di Kota Mataram mengalami kenaikan. Satu ekor sapi kisaran harganya mencapai Rp 12 juta sampai Rp 16 Juta. Sementara kambing, kisaran harganya dari Rp2 juta hingga Rp6,5 juta per-ekor.

Hiznadi, salah satu penjual hewan kurban di Kota Mataram mengatakan, harga sebelum menjelang hari raya kurban tidak terlalu tinggi, harganya masih rendah dan normal.

- Iklan -

Menurutnya, penjualan hewan kurban tahun lalu lebih banyak dibandingkan tahun 2024. Tahun lalu, penjualannya mencapai 80 ekor kambing dan 10-15 ekor sapi. Dibandingkan tahun ini, baru terjual 15 ekor kambing dan 3 ekor sapi.

Biasanya, menjelang hari-H, pesanan hewan kurban semakin banyak. Perbedaan harganya pun semakin mahal, naiknya bisa mencapai Rp 1-2 juta per-ekor sapi, dan kambing sampai Rp 500 ribu.

Hiznadi menambahkan, sapi atau kambing yang sudah dipesan (dibeli) masyarakat dititip terlebih dahulu hingga menjelang hari raya, tergantung permintaan pembeli. Ada juga hewan kurban yang dipotong ditempat dan langsung diberikan kepada pembeli sudah di kantong plastik dan tinggal bagi saat hari raya kurban.

“Upah dan biaya pemotongan sudah termasuk harga, ongkos kirim, dan perawatan sudah gratis. Bahkan ada jaminan garansi 100% kalau misalnya terjadi masalah, seperti hewan kurban sakit atau mati,” katanya.

Ia juga memastikan, hewan-hewan yang dijualnya sudah layak kurban dari segi kesehatannya.

“Untuk hewan kurban ini kita cek semuanya, kita kasih vitamin, disuntik dari Dinas Kesehatan Hewan bahkan kita ada langganan dokter hewan khusus untuk periksa,” ungkapnya. (ulf)

Artikel Yang Relevan

Iklan








Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini