spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBerandaMasyarakat Diminta Waspadai Fenomena La Nina di Musim Kemarau

Masyarakat Diminta Waspadai Fenomena La Nina di Musim Kemarau

Sumbawa Besar (ekbisntb.com) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Meterologi kelas III Sultan Muhammad Kaharuddin mengimbau masyarakat untuk waspada fenomena La Nina di puncak musim kemarau tahun 2024.

“Fenomena ini (La Nina) karena adanya perbedaan suhu muka air laut antara Samudra Fasifik bagian tengah dengan wilayah perairan Indonesia sehingga suhu muka air menjadi hangat,” kata Kepala BMKG Sumbawa Samriyanto kepada wartawan, Kamis 27 Juni 2024.

Fenomena La Nina ini lanjutnya menyebabkan tekanan udara tinggi yang mendorong pembentukan awan yang berpotensi terjadi hujan. Hujan yang terjadi tersebut berpotensi melanda sebagian wilayah Sumbawa meski bulan Agustus diprediksi sebagai puncak musim kemarau.

“Peningkatan curah hujan meski di musim kemarau akan terjadi secara konsisten sejak bulan Juli hingga September mendatang,” ujarnya.

Berdasarkan hasil pantauan, pendingin suhu muka air laut di Samudera Pasifik ekuator terjadi sejak beberapa bulan lalu. Bahkan pendingin suhu muka air tersebut saat ini mencapai minus 0,61 derajat yang menunjukkan fenomena La Nina.

“Penurunan suhu dingin secara teori telah melewati ambang batas 0,5 sebagai syarat terjadinya La Nina dengan intensitas lemah,” ujarnya.

Dia melanjutkan, bahkan penurunan suhu muka air laut di Samudera Pasifik ekuator terus bertahan. Bahkan terdeteksi saat ini mencapai minus 0,92 derajat dan jika mencapai angka satu persen La Nina mencapai level moderat atau menengah.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai fenomena tersebut, karena potensi terjadinya hujan sangat mungkin terjadi,” tambahnya.

Ia menambahkan, “Peningkatan bencana Hidrometrologi akibat fenomena La Nina harus diwaspadai karena akan menimbulkan kerugian bagi petani karena hasil panen akan basah karena cuaca yang tidak menentu,” tukasnya. (ils)

Artikel Yang Relevan

Iklan





Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut