spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBisnisPemprov Siapkan UMKM dengan Produk Berkualitas di Event MotoGP 2024

Pemprov Siapkan UMKM dengan Produk Berkualitas di Event MotoGP 2024

Lombok (ekbisntb.com) – Pemprov NTB memastikan bahwa hanya 60 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang akan difasilitasi dan diperbolehkan berjualan dalam gelaran MotoGP di Mandalika pada 27-29 September 2024. UMKM yang diberikan izin berjualan di dalam area sirkuit adalah mereka yang memili produk-produk yang berkualitas.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi NTB, Ahmad Masyuri menegaskan bahwa UMKM yang tidak lolos kurasi tidak diperkenan menitipkan produknya untuk dijual selama event berlangsung. Aturan ini hanya berlaku bagi UMKM, sementara produk-produk non-UMKM tidak termasuk dalam kebijakan tersebut.  Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas dan kelancaran acara.

- Iklan -

“Hanya yang sudah dikurasi yang boleh, supaya tidak menimbulkan masalah baru,”kata Ahmad Mashyuri kepada wartawan, Jumat (20/9) kemarin.

Dalam rangkaian acara MotoGP 2024 ini, Dinas Pariwisata NTB juga akan menggelar Lombok Sumbawa Nusantara Festival dengan mengundang 38 Dinas Pariwisata Provinsi juga Dinas Pariwisata kabupaten/kota se Indonesia.

Adapun 60 UMKM yang difasilitasi Pemprov NTB, masing-masing kabupaten/kota mendapatkan kuota dua UMKM. Sebagian besar UMKM ini akan fokus pada kuliner, yang diperkirakan mencapai 80 persen dari keseluruhan peserta. Proses kurasi untuk UMKM ini akan dilaksanakan pada 19 September 2024 dengan melibatkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) guna memastikan keamanan produk, khususnya pangan dan obat-obatan.

“Kami melibatkan BPOM karena sebagian besar UMKM bergerak di sektor kuliner, dan penting untuk memastikan bahwa produk yang dijual aman bagi konsumen,” tambah Masyuri

 Pemprov NTB juga ingin memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa produk UMKM yang dijual di acara tersebut telah melalui proses pengawasan ketat, sehingga layak untuk dikonsumsi dan dibeli.

Pemerintah juga memastikan bahwa penempatan tenda UMKM di lokasi acara sudah direncanakan dengan baik, yakni di belakang panggung Grand Stand B, yang diyakini akan ramai dikunjungi penonton MotoGP. Berdasarkan pengalaman dari event MotoGP sebelumnya, animo masyarakat untuk membeli produk UMKM sangat tinggi, bahkan beberapa stand UMKM telah kehabisan barang sebelum jam 2 siang pada hari pertama.(ris)

Artikel Yang Relevan

Iklan








Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut